bahaya dehidrasi

Bahaya Dehidrasi

bahaya dehidrasi. Dehidrasi jangan dianggap sepele karena dehidrasi berat sangat berbahaya dan mengancam jiwa.  Dehidrasi yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan batu ginjal hingga gagal ginjal.

Bahaya Dehidrasi. Kesibukan dalam bekerja terkadang suka membuat kita lupa akan banyak hal sampai kepada kebutuhan pokok kita sebagai mahluk hidup, tidak sedikit diantara kita yang sibuk bekerja kadang lupa makan bahkan lupa minum lalu kemudian anda merasa sangat lelah dan haus serta pusing.  Bisa jadi anda sedang mengalami dehidrasi.  

Apa Itu Dehidrasi?

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah lebih dari 60% total berat badan. Kandungan air yang ideal di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, serta sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Dehidrasi jangan dianggap sepele karena dehidrasi berat sangat berbahaya dan mengancam jiwa.  Dehidrasi yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan batu ginjal hingga gagal ginjal.  Untuk itu sangat penting untuk menjaga tubuh kita agar tidak dehidrasi saat bekerja atau beraktivitas.  Selain itu, seseorang dengan kondisi tubuh yang kekurangan cairan secara berlebihan dapat berisiko terserang heat stroke yang dapat memicu kerusakan otak, lebih fatal lagi dapat menyebabkan kematian.

Kenali Gejala Hipovolemia

Hipovolemia adalah kondisi ketika jumlah darah dan cairan di dalam tubuh berkurang secara drastis. Kondisi ini menyebabkan jumlah oksigen dalam tubuh berkurang dan membuat fungsi organ terganggu.

Umumnya, orang yang bekerja di lingkungan yang panas akan sering mengalami dehidrasi. Beberapa tanda-tanda awal dari gejala dehidrasi adalah:

  • Merasa haus dan pusing.
  • Mulut dan kulit kering.
  • Kelelahan.
  • Jarang buang air kecil.
  • Urine berwarna lebih gelap, serta berbau lebih kuat.

Ketika anda mengalami kondisi tersebut maka anda sudah harus waspada

Orang-orang yang mengonsumsi air minum lebih sedikit dibanding cairan yang dibutuhkan tubuh umumnya mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini tentunya dapat dipengaruhi oleh jenis pekerjaan yang kita lakukan, kondisi Lingkungan tempat kita bekerja dan juga usia.

Penanggulangan

  • Konsumsilah banyak cairan dan makanan yang mengandung banyak air (buah-buahan dan sayuran) secara teratur
  • Cairan harus diminum sering, dalam jumlah kecil karena minum terlalu banyak, terlalu cepat dapat menyebabkan muntah.
  • Hindari minum cairan yang mengandung kafein karena dapat merangsang kehilangan air lebih lanjut dengan meningkatkan buang air kecil

Pencegahan

  • Konsumsilah banyak cairan dan makanan yang mengandung banyak air (buah-buahan dan sayuran) secara teratur
  • Minumlah cairan ekstra saat cuaca panas
  • Beberapa rekomendasi ada yang menganjurkan untuk minum air sebanyak 8 gelas per hari.  Adapula yang menganjurkan 6 gelas per hari.  Tentunya hal ini kembali kepada jenis aktivitas dan kondisi Lingkungan kita beraktivitas.

Leave a Reply