Bahan Alami Pengungkit Daya Tahan Tubuh, Bahannya Mudah Didapatkan !

Bahan alami pengungkit daya tahan tubuh ini, bahannya mudah didapatkan lhoo...

Bahan alami pengungkit daya tahan tubuh ini, bahannya mudah didapatkan lhoo… Menjaga daya tahan tubuh tetap maksimal penting dilakukan saat masa pandemi covid 19. Ini bahan alami yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. 

Pandemi covid 19 masih belum usai . Selain kita harus mematuhi protokol kesehatan, juga harus memastikan daya tahan tubuh tetap maksimal. Daya tahan tubuh yang maksimal menjadi pertahanan utama dari infeksi virus, kuman, dan bakteri. 

Ada banyak cara untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh yakni, 

  • Tidur cukup 
  • Olahraga secara rutin 
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi 
  • Tidak merokok 
  • Tidak konsumsi alkohol 

Selain melakukan 5 hal di atas, Anda juga bisa mengonsumsi minuman herbal yang memiliki khasiat meningkatkan imunitas tubuh. 

Anda bisa membuat minuman herbal tersebut di rumah, sebab bahan-bahannya mudah ditemukan. Bahkan, bumbu dapur ada yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Berikut bumbu dapur yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jahe merah

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, karya Arief Hariana, jahe merah mengandung gingerol, limonene, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, dan farnesol. 

Kandungan tersebutlah yang membuat jahe merah efektif meningkatkan daya tahan tubuh. 

Untuk membuat wedang herbal dari jahe merah, Anda bisa menambahkan beberapa jenis rempah-rempah lainnya seperti temulawak, lempuyang wangi, dan biji ketumbar. 

Anda cuci semua bahan lalu keringkan. Setelah itu Anda tumbuk semua bahan dan seduk satu sendok dari campuran remoah-rempah tersebut dengan setengah gelas air panas lalu tambahkan madu secukupnya. 

Sereh 

Serai mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Tidak hanya vitamin dan mineral, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Kunyit 

Tidak cuma menyedapkan masakan, kunyit atau kunir adalah rempah yang juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Anda mungkin sudah cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan gangguan pencernaan.

Jahe 

Jahe mengandung minyak atsiri yang berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. 

Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga bisa menghangatkan tenggorokan sehingga baik dikonsumsi saat pilek dan batuk. 

Lengkuas 

Bumbu dapur yang satu ini mengandung glikosida kuersetin yang memiliki efek antioksidan. Senyawa tersebut bisa mengikat radikal bebas yang menimbulkan penyakit. 

Bawang putih 

Bawang putih salah satu bumbu dapur yang harus selalu tersedia. Selain bermanfaat sebagai penyedap makanan, bawang putih juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Asal tahu saja, bawang putih mengandung zat allicin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan aktivitas produksi sel darah putih. 

Tidak hanya itu, bawang putih juga bersifat antioksidan, penangkal radikal bebas. 

Ketumbar 

Konsumsi ketumbar secara rutin bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, ketumbar mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. 

Bawang merah 

Tidak kalah dengan bawang putih, bawang merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Bawang merah mengandung protein, peptida, dan kaya antioksidan. Kandungan tersebutlah yang membuat bawang merah baik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Leave a Reply